Kamis, 22 November 2007

Dunia....oh dunia.....

Hari ini aku duduk di meja siar. seperti biasa dalam 3 kali seminggu aku menyempatkan diri untuk kerja sambilan sebagai announcer (he...he...he...keren-kerenan dikit boleh lah ya?). Yang pertama aku kerjakan adalah mempersiapkan listing lagu atau iklan. aku butuh beberapa saat sebelum opening....Kemudian nyalain internet > loginnya pasti lama....biasa.....nah masih ada sedikit waktu. Ini saatnya buat buka-buka koran, liat-liat berita terangat walau sebenarnya sudah basi karena korannya terbit pagi, baru malam bisa aku buka n baca.

Aku sedih, miris dan takut kalau membuka lembaran-demi lembaran halaman koran. Selalu dan hampir setiap hari ada berita kriminal yang dimuat (apalagi kalo korannya koran kriminal). Kalo dulu lembaran kriminal berita berita kerampokan, pencurian, pembunuhan. Sekarang ditambah satu lagi berita "kekerasan dalam rumah tangga".

Bebepa bulan terakhir kita selalu disuguhi berita kriminal "kekerasan dalam rumah tangga". Kekerasan terhadap istri, kekerasan fisik sampai pembunuhan...suami bunuh istri, istri bunuh suami, ibu bunuh anak, anak bunuh orang tua. Kayaknya manusia saat ini telah lebih ganas daripada singa yang belum pernah membuat kasus membunuh koloninya apalagi anaknya sendiri.

Dan ironinya ...setelah diusut persoalannya bermuara kepada persoalan ekonomi dan ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Adalah hukum alam bahwa tindakan yang dilakukan berturut-turut dan terus-menerus akan menjadi kebiasaan dan bahkan budaya yang lazim. Muncul pertanyaan dibenakku apakah kita akan kembali ke zaman jahiliah?

Benarlah yang dikatakan oleh Rasulullah bahwa kemiskinan mendekatkan kita kepada kekufuran. Tapi apakah itu selalu harus dijadikan kambing hitam...banyak kasus kekerasan yang terjandi justru bukan karena mereka para pelaku dalam keadaan lapar namun sebaliknya.

Kalau boleh dikaji lebih dalam mungkin ini yang dinamakan dengan miskin hati, miskin jiwa, dan miskin terhadap pengetahuan agama.
HHHHeeeaahhhhh.....Aku tidak tau.

Tidak ada komentar: